Selasa, 17 Maret 2020

Cara Mencuci Jersey Yang Baik Dan Benar Agar Baju Tetap Awet




Bikin jersey futsal kesayangan tetap awet tentu bukan hal yang sulit asal kamu tahu panduan mulai dari mencuci, menghilangkan noda, dan juga merawat jersey. Faktor utama untuk membuat jersey futsal tetap awet yaitu dengan mencucinya menggunakan deterjen dan pewangi yang lembut serta aman untuk baju yang berwarna.

Cara Mencuci Baju Jersey Futsal

Jersey bisa dicuci dengan 2 cara yaitu manual dengan tangan atau mesin cuci. Sebab ada sebagian baju jersey futsal yang bisa dicuci dengan mudah menggunakan mesin, ada juga yang harus dicuci menggunakan tangan karena resiko cepat rusak bila digiling menggunakan mesin.

1. Mencuci  Jersey Futsal Dengan Mesin Cuci

Biasanya pada label perawatan terdapat pemberitahuan bahwa baju jersey bisa dengan mudah dicuci menggunakan mesin. Berikut langkah-langkahnya :

  Sebaiknya cuci jersey futsal tersendiri, jangan dicampur dengan pakaian lain apalagi dicampur dengan baju berbahan denim.
  Saat mencuci, gunakan teknik dengan putaran rendah. Pada mesin cuci anda perlu memilih hand wash dan delicate.
  Campurkan heterogen yang memiliki motto bagus dan bisa mempertahankan warna pakaian dan tidak mudah luntur.
  Setelah proses pencucian dan mesin berhenti berputar langsung keluar kan kostum jersey dan jemur menggunakan hanger di tempat yang teduh.
   Jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan jersey Karena akan merusak bahan dan sablon seperti nama tak dan nomor punggung.

2. Menghilangkan Noda Membandel Pada Jersey
Bikin jersey futsal yang terlalu banyak noda membandel jadi bersih lagi ada tekniknya. Simak berikut ini!

  Ambil kain katun bersih Lalu bahasa Inggris sedikit dan tuangkan cairan deterjen. Kemudian gosok bagian yang terdapat noda pada baju jersey dengan menggunakan kain katun tersebut. Setelah itu diamkan beberapa saat minimal setengah jam, lalu bilas baju jersey atau bila noda belum hilang ulangi cara di atas. 
   Langkah kedua bisa menggunakan tepung maizena untuk baju jersey yang terdapat noda minyak. Taburkan tepung maizena pada noda yang kotor kemudian diamkan selama 15 menit agar tepung meresap lalu bilas dengan air bersih.
   Langkah ketiga adalah dengan cuka. Masukkan cuka putih langsung kedalam rendaman baju jersey baik saat mencuci dengan cara manual atau mesin cuci.

3. Mencuci Jersey Dengan Tangan
Sebaiknya pisahkan jersey dengan baju lainnya. Tuangkan deterjen bermutu ke baju yang akan direndam lalu diamkan hingga 1 jam. Kucek pelan-pelan agar nodanya hilang lalu bilas agar besarnya hilang dan remas-remas untuk menghilangkan air yang tersisa sehingga baju lebih cepat kering.
Gantung baju Jersey menggunakan hangar dalam posisi terbalik dan letakkan pada tempat yang teduh. menghindari matahari secara langsung adalah teknik agar warna jersey tidak cepat pudar.

4. Tips Merawat Jersey Yang Baik Dan Benar
Cuci jersey dengan cara yang baik dan benar saja tidak cukup.  Kamu harus memperhatikan beberapa hal saat merawat jersey futsal. Simak berikut ini!

  Ketika ada noda lumpur setelah baju Jersey digunakan untuk bermain di lapangan sebaiknya langsung dicuci sebelum noda semakin membandel dan susah hilang.
  Cuci baju jersey setelah dipakai berkeringat supaya tidak terbentuk kerak pada noda yang berkeringat tersebut.
  Jangan menyetrika jersey karena bahan jersey biasanya tidak kuat menahan panas. jemur jersey kemudian langsung disimpan di lemari dengan menggunakan hanger agar tidak kusut.
  sebaiknya pilih gantungan hanger yang menggunakan lapis Ponds jangan gunakan hanger dengan lekuk-lekuk agar pundak jersey tidak melar.
  Hindari menggunakan pemutih bahkan pada jersey yang berwarna putih sekalipun karena akan membuat baju jadi rapuh.

Bikin jersey futsal bersih tanpa noda dan tetap awet nyatanya cukup muda asal tahu tekniknya saja dan memiliki dedikasi untuk merawat jersey kesayangan kamu. Jadi rajinlah merawat jersey kesayangan mulai sekarang.


EmoticonEmoticon