Selasa, 14 Januari 2020

Sumber Gizi yang Harus Dikonsumsi sebagai Cara Mengatasi Rambut Rontok




Persoalan kerontokan rambut memang dapat dialami siapa saja karena memang banyak faktor pemicunya, baik dari segi internal, maupun segi eksternal. Cara mengatasi rambut rontok secara internal, menjadi tips ampuh yang sangat perlu diterapkan. Inilah sumber gizi yang berasal dari makanan sehat dan bisa dikonsumsi dan mampu mengatasi rambut kerontokan rambut.

1.    Bayam

Salah satu sumber gizi yang sudah terkenal sebagai sayuran berkhasiat untuk kesehatan tubuh adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini sangat kaya zat besi, protein, dan vitamin A dan C. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin, rambut akan kembali sehat dan kuat. Hal ini karena pemenuhan nutrisi tersebut mampu mengatasi penyebab rambut rontok yaitu kekurangan nutrisi berupa zat besi, protein, dan beberapa vitamin tersebut.

Bayam juga mengandung ebum yang berperan sebagai conditioner rambut. Kandungan asam omega, potasium, magnesium, dan kalsium, sangat efektif dalam menjaga kulit dan akar rambut. Rambut juga tampak lebih berkilau.

2.    Telur dan Produk Susu

Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam telur dan produk susu, tentu saja mampu menutrisi rambut. Yoghurt sebagai hasil fermentasinya juga sangat baik menutrisi rambut. Kandungan proteinnya dapat berfungsi sebagai zat pembangun yang mampu mengatasi rambut rontok sekaligus menjadi pencegahnya. Selain itu, kandungan vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega 6 di dalamnya juga dibutuhkan rambut untuk tetap sehat dan kuat. Vitamin B7 yang terkandung di dalamnya juga mampu melawan kerontokan rambut.

3.    Kenari

Kenari juga mampu sebagai cara mengatasi rambut rontok. Dikutip dari idntimes.com, kenari adalah satu-satunya kacang yang terkenal dengan kandungan biotin, vitamin B (B1, B6, B9), vitamin E, dan magnesium ini, sangat bermanfaat untuk memperkuat kutikula rambut serta menyehatkan kulit kepala. Kandungan proteinnya sebagaimana jenis kacang lainnya juga sangat efektif membangun dan meregenerasi sel-sel rambut.

4.    Daging Ayam

Daging sangat bernutrisi untuk rambut. Makanan ini mengandung banyak protein yang memicu pertumbuhan rambut. Daging ayam juga sangat ampuh sebagai cara mengatasi rambut rontok. Daging ayam adalah sumber protein tinggi yang efektif mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi daging ayam yang sehat dengan cara yang higienis pula.

5.    Wortel

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi wortel. Seperti yang kita ketahui, wortel tidak hanya bagus untuk mata. Kandungan vitamin A di dalamnya dapat berfungsi sebagai kondisioner alami bagi rambut. Dengan demikian, persoalan rambut yang rontok dapat segera diatasi. Perawatan rambut dengan pemenuhan nutrisi dari dalam ini sangat efektif dilakukan karena mampu menggerakkan sel-sel rambut.

6.    Jambu Biji

Jambu biji juga mengandung banyak vitamin C yang sangat berkhasiat meningkatkan aktivitas kolagen yang sangat penting untuk menumbuhkan rambut sehat dan kuat. Untuk itu, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mengonsumsi jambu biji ini. Jika bosan mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies. Kedua jenis jambu biji, baik itu jambu biji putih, maupun jambu biji merah, semuanya berkhasiat baik untuk rambut agar kembali sehat dan kuat. Kondisi rambut yang rapuh dapat segera diatasi.

Berbagai cara mengatasi rambut rontok dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat di atas sangat perlu dilakukan. Anda harus mengonsumsi sumber gizi tersebut untuk mengatasi rambut rontok secara efektif agar rambut kembali sehat dan kuat. Perawatan dari luar juga membantu mengefektifkan perawatan rambut yang rontok.


EmoticonEmoticon